Peringatan Gema Muharram di Kampung Tualang Di Hadiri Ribuan Masyarakat!

banner 120x600
banner 468x60

Tualang,Riaumediatama,Kampung Tualang, 28 Juli 2023 – Suasana berkah dan kebersamaan memenuhi Kampung Tualang dalam peringatan 10 Muharram tahun ini. Acara yang diinisiasi oleh Tim KKN UIN Suska Riau ini berhasil menarik ribuan masyarakat yang turut merayakan momen bersejarah ini. Tak hanya peringatan 10 Muharram saja, sebelumnya Discover KKN UIN SUSKA Riau Kampung Tualang juga sukses merayakan Tabligh Akbar tahun baru Hijriyah 1 Muharram pada 22 Juli 2023 yang lalu. Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan, peringatan 10 Muharram dimeriahkan dengan dua acara utama, yaitu Pawai Obor dengan 820 peserta dan Makan Bersama Bubur Asyura dengan 850 porsi.

banner 325x300

Pawai Obor menjadi bagian pertama dalam peringatan 10 Muharram, di mana 820 peserta dari berbagai kalangan masyarakat Kampung Tualang bergabung dalam semangat keceriaan yang mana dibuka oleh Camat Tualang Mursal Di dampingi oleh Penghulu Juprianto, Anggota DPRD Kab Siak Musar. serta pemerintahan kampung Tualang. Obor yang menyala melambangkan sinar harapan dan pengetahuan yang menerangi jalan hidup yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Acara berlanjut dengan Makan Bersama Bubur Asyura, yang menjadi momen kebersamaan dan toleransi. Sebanyak 850 porsi bubur asyura disiapkan dengan penuh kasih sayang oleh Tim KKN UIN Suska Riau Kampung Tualang bersama masyarakat setempat dan Tim KKN Universitas Riau Kampung Tualang. Bubur asyura, yang kaya akan cita rasa dan tradisi, menyimbolkan makna persaudaraan dalam perbedaan dan keberagaman umat manusia.

“Melalui acara Gema Muharram ini, kami ingin menyatukan hati masyarakat Kampung Tualang dalam semangat kebersamaan dan persaudaraan. Peringatan 10 Muharram menjadi momentum penting untuk menghargai keragaman budaya dan agama yang ada di tengah-tengah kita,” ujar Allef Faiza selaku koordinator KKN UIN Suska Riau Kampung Tualang.

Peringatan 10 Muharram ini juga memberikan makna lebih dengan pemberian 50 Al Quran kepada tempat pendidikan di Kampung Tualang serta penyerahan nominasi kelompok pawai terbaik dan penampilan Hadrah yang memukau. Acara ini berhasil menarik perhatian lebih dari 1800 masyarakat Kampung Tualang, memberikan warna dan kebersamaan yang tak terlupakan.

Tim KKN UIN Suska Riau mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan dan partisipasi dari Donatur serta masyarakat Kampung Tualang. Terutama kepada pihak Pemerintahan Kampung Tualang, masyarakat yang membantu menyiapkan makanan dan acara, serta Tim KKN UNRI Kampung Tualang yang bersinergi untuk menyukseskan acara ini. Semangat kebersamaan dan kerukunan yang tercipta dalam peringatan 10 Muharram ini diharapkan dapat terus dijaga dan menjadi semangat bersama dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan harmonis.(tile)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *